Belajar berbagi cerita dan pengetahuan yang saya punya | Travel Blogger Wanna Be and Dota Addict

Sunday, November 5, 2017

Blogwalking Jaman Now ( Update )

Seorang blogger pasti tau apa itu blogwalking atau yang sering disingkat BW. Walking sendiri jika saya traslate lewat google ( ya elah translate begituan aja pake google hahahaha) artinya berjalan. Jadi blogwalking itu blog yang berjalan hahaha.

pengertian blogwalking
blogwalking gan!!!

Apa itu Blogwalking?

Menurut saya pengertian blogwakling adalah mengunjungi blog lain untuk berinteraksi. Ketika awal saya mengenal dunia blogging ini, kalau nggk salah pas SMK tahun 2010 ( udah sepuh juga ya hahaha tapi masih tetep newbie) saya sering melakukan Blogwalking. Biasanya sarana yang di pakai itu Grup Facebook yang isinya blogger semua. Disana kita share link dan bertukar komen, saling follow blog, dll. Dengan melakukan aktifitas tersebut blog kita bakal dapet traffic atau pengunjung dari blog lain. Kalau kita seumuran , pasti kalian pernah denger istilah Link Exchange atau bertukar link. Mitosnya sih cara ini bisa bikin PR naik, kalau dulu sih PageRank masih ada tapi sekarang udah wafat haha. Manfaat lain dari blogwalking adalah kita mendapatkan info dan wawasan baru dari blogger lainnya. 

blogwalking jaman now


Gambar diatas adalah salah satu penggambaran blogwalking jaman now yang saya capture dari grup facebook. Sebenernya nggk hanya di facebook saja, di sosial media lainya juga ada seperti google plus dan twitter. Tapi jarang sih kalau google plus... kalau di twitter masih banyak yang melakukan blogwalking tapi berbeda caranya dengan facebook.


blogwalking via twitter
Yang ini saya ambil dari TL twitter saya. Banyak emak emak blogger disana hahaha dan emang bener bener cari relasi sih menurut saya. Bisa dilihat mereka melakukan meetup sesama blogger. Kalau kamu punya twitter coba follow warung_blogger. Akun tersebut akan meretweet blog kamu dengan format sebagai berikut Judul [spasi] Link Postingan [spasi] @Warung_Blogger [spasi] #HappyBlogging

Blogwalking Blogger Jaman Now

Jika kamu hanya ngeblog untuk sekedar sharing pengalaman dan curhat sih menurut saya nggk butuh traffic sih, ya cuman kan sakit juga nulis panjang panjang tapi nggk ada pembacanya hahaha, nah blogwalking ini solusinya. Tapi kalau kamu ngeblog buat dapet duit ya kudu ngerti SEO sih agar bisa nangkring di pageone google. Bukan dengan blogwalking yang cuman sekedar lewat tanpa baca artikel, kalau komen pun cuman nice info gan, trus suruh klik iklan yang ada di blog. ada blogger macam gitu? hahahha cari tahu sendiri dah.

Saya malah mikirnya blogwalking model gitu bisa dikira spam sama google. Logika saya ketika orang membuka sebuah blog untuk mencari informasi, orang itu bakal liat apa informasi ini bagus apa nggk, kalau enggak ya langsung close tab cari yang lain. Apa sih namanya lupa saya, hmmm bounce rate...

Bounce rate adalah persentasi dari pengunjung atau visitor ke blog yang hanya mengunjungi hanya satu halaman dan tidak membuka halaman yang lainnya. persentasi ini sangat diperlukan oleh webmater dan seo. samakin tinggi bounce rate yang diterima maka akan semakin buruk website tersebut dimata serch engine. jadi kesimpulannya pengunjung hanya melihat pada satu halaman saja tanpa mau melihat halaman yang lainnya.

Banyak sekali yang mengatakan kalau hal ini sangat buruk bagi populeritas blog atau web. perilaku bounce rate yang konon sangat berdampak bagi seo adalah pengunjung mengeklik tombol back bukan clouse halaman. dengan mengeklik tombol otomatis konten atau artikel kita kurang disukai oleh pengeunjung. statistik ini bisa kita lihat di google analytic. sumber : https://bukainfo.com/apakah-bounce-rate-apa-efek-untuk-blog-dan-solusinya/
Artikel ini cuman pendapat pribadi saja hehe, jangan di ambil hati kalau tersinggung. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat blogger lainya. Blogwalking gan?


Update 8 November 207

Blogwalking jaman now memakan korban 

Aktifitas blogwalking dengan menyuruh blogger lain mengklik iklan di blog memakan korban, berikut ini curhatan salah satu pelaku blogwalking tersebut.

blogwalking jaman now
Resikonya BANNED ADSENSE!!!!
Kok bisa? Menurut saya sih aktifitas blogwalking seperti itu jelas dibenci para pengiklan dan memang spammy banget, traffic tidak valid. Mungkin sobat blogger punya pengalaman lain? Silahkan berkomentar, gratis!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Blogwalking Jaman Now ( Update )

14 komentar:

  1. kadang ada bener nya juga gan sering traffic tidak valid, kadang juga ada yg iseng jigling

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeblog slow2 wae gan, hmmm belum pernah kena jigling sih ini blog hehehe

      Delete
  2. Wuiihh risetnya lengkap banget, soalnya gue juga ikut d grup blogger jd udah tau seluk beluknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting tau arah jalan pulang gan biar nggk kesasar hahaha

      Delete
  3. Singkat, padat dan berisi gan artikelnya...thanks namget nambah ilmu baru...mampir dan bw juga yang di blog ane..www.drestha.com

    ReplyDelete
  4. baru tau BW adallah Blog wallking hahaha bloger baru

    ReplyDelete
  5. tiap hari blog walking saia...
    pngganti jalan pagi

    ReplyDelete
  6. jadi takut nih... Minta saran nih gan di gubuk ane Mymelody13.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. akhirnya ada blogger tulisannya cakap.. biasanya ane liat cuma cari klik dan klik.. sampe bosen liatnya.. betul banget masalah bounce rate...buat catatan sesama blogger,.. yang belum faham semoga lekas faham ;)

    ReplyDelete
  8. Semoga para blogger jaman now makin peka, jangan asal komen nggak nyambung. Ya setidaknya membaca-membaca sampai selesai sekalipun tidak komentar

    ReplyDelete

Blogger bijak meninggalkan jejak.
Komentar di blog ini GRATIS!