Belajar berbagi cerita dan pengetahuan yang saya punya | Travel Blogger Wanna Be and Dota Addict

Tuesday, November 21, 2017

Awas! Miner Mengincar PC Anda untuk Menambang Coin

Pernah nggk kalian merasa PC lemot sekali sesudah donwload sesuatu? Barusan saya megelaminya. Awalnya ingin download program buat main install game di PC, karena banyak salah pencet link download malah download program nggk jelas dan saya juga nggk sadar bahwa itu bukan program yang saya cari hahaha. Setelah selesai download langsung saja saya instal dan ........

PC saya langsung lemot banget dan rada ngefreeze. Nggk mau ambil pusing saya tekan tombol restart saja. Eh pas udah hidup pcnya balik lemot lagi. Saya coba buka task manager buat cari tau program apa yang bikin lemot. Taraaaaaa

program miner ilegal
program miner

Setelah saya cek, dari semua program yang ada di task manager. Hanya program yang saya lingkari yang saya curigai. Ada kata "miner" nya. Meskipun blum makan memori banyak, tapi klo di biarkan bisa memakan RAM dan bikin lemot komputer. Langsung kill saja programnya dan uninstall. Saya uninstall pake CCleaner.

CCleaner
Jangan lupa juga check tool startup di CCleaner, disana ada 2 program yang di run ketika kita menghidupkan komputer tanpa kita sadari. Klik disable dan buka foldernya seperti gambar di bawah ini.

Folder startup
Terakhir restart kembali komputer kamu, apakah sudah normal seperti sediakala? Kalau di PC saya sih sudah normal lagi. Dari pengalaman saya ini, kalian bisa mengantipasi dengan tidak mendownload sembarang program yang bertebaran di internet. Pastikan komputer kalian sudah terinstal antivirus. Padahal PC saya udah saya instal avira tapi kok nggk kedetect ya? ada yang tahu?

Beberapa waktu di timeline facebook saya ada hal yang unik dilakukan para miner ini, memereka memakai script yang dipasang pada website, kebanyakan web streaming movie. Kata salah satu pengguna FB berkata "nggk ada yang gratis", jadi selagi lu nonton itu film script miner yang terpasang dalam web akan berjalan.

script minner pada LK21 - Photo dari FB Dian Dwi Rahmanto tanggal 13 november
Ini namanya teknik "Cryptojacking", Cryptojacking adalah fenomena baru yang dipopulerkan oleh ThePirateBay dengan cara menanamkan website mereka dengan sebuah crypto-currency miner yang didasarkan Javascript. Muncul banyak debat apakah miner crypto-currency yang disembunyikan dalam halaman web bisa menjadi model pendapatan di masa akan datang untuk menggantikan iklan online atau langganan berbayar. Banyak yang berargumen itu sah-sah saja selama pengunjung website dibuat sadar kalau website yang dikunjungi memiliki fitur mining serta diberikan pilihan antara ads dan miner. Sisanya menolak keras bahwa pengguna yang membuka banyak tabs akan mengalami penurunan performa serta membuat biaya listrik meningkat tajam. sumber : https://ulasan.id/2017/11/fenomena-cryptojacking-lebih-dari-2500-website-mining-dari-pengunjung/

Di artikel tersebut juga mengatakan bahwa lebih dari 2500 web yang memasang script mining untuk memanfaatkan komputer milik penggunanya. Untuk menghidari hal ini kamu bisa memasang addon di google chrome, seperti kata mas Syaifudin JW di facebooknya.
script anti mininer - diambil dari fbnya mas Syaifudin JW

yg suka nonton film dari situs gratisan atau bahkan yg suka browsing tapi tiba tiba prosesor kok melonjak tajam 100% CPU Usagenya maka hati hati. bisa jadi itu ada script setan untuk nambang.
untuk proteksi silahkan pakai addon browser, untuk chrome bisa pakai link berikut ini : https://chrome.google.com/webstore/detail/anti-miner-no-1-coin-mine/abgnbkcdbiafipllamhhmikhgjolhdaf?hl=en

Apa pendapat kalian tentang fenomena menambang online seperti ini? komentar di blog ini gratis tis tis hehehe
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Awas! Miner Mengincar PC Anda untuk Menambang Coin

1 komentar:

  1. Ini mungkin trik lama, kebanyakan orang awam, bisa salah download. yang didownload malware kyk gini contohnya.

    ReplyDelete

Blogger bijak meninggalkan jejak.
Komentar di blog ini GRATIS!